Berbagi Cerita tentang My Name Is Khan

Judul            : My Name is Khan

Pemain         : Kajol dan Shahrukh Khan

Sutaradara : Karan Johar

Film ini menjadi film pertama yang ingin aku review di blog ini. penyebabnya adalah, film ini bikin aku nangis hampir di sepanjang film. Film ini menceritakan perjuangan seorang laki2 penderita sindrom Asperger (cek link ini u/ tahu: http://id.wikipedia.org/wiki/Sindrom_Asperger) untuk mendapatkan kembali cinta istrinya yang depresi setelah anak satu2nya meninggal.

jadi, cerita singkatnya begini. tokoh utama dalam film ini, sang Rizwan Khan (shahrukh khan) diceritakan menderita sindrom asperger. dia adalah seorang muslim keturunan india. ketika dewasa saat orang tuanya telah meninggal, Rizwan hijrah ke Amerika menyusul sang adik yang telah lebih dulu sukses disana. di Amerika, Rizwan kemudian menikah dengan perempuan india Hindu bernama Mandira. Mandira sendiri adalah seorang single parent dengan satu anak laki2 yang menginjak remaja saat itu. kebahagiaan Rizwan mulai terusik ketika peristiwa 9/11 mengguncang warga Amerika. anak tirinya, menjadi korban  pemukulan oleh teman2nya hanya karena memiliki seorang ayah tiri yang beragama islam yaitu Rizwan. ketika mengetahui anaknya meninggal akibat dipukuli teman2nya disekolah, Mandira langsung histeris dan menyesali keputusannya menikahi Rizwan. Mandira yang saat itu tengah emosi, kemudian mengusir Rizwan dan seacara langsung memintanya menemui presiden AS u/ membuktikan pada dunia bahwa dirinya bukanlah teroris. sejak saat itu, Rizwan memulai perjalanannya u/ menemui presiden demi mengembalikan cinta istrinya.

kenapa film ini bisa membuatku nangis hampir di sepanjang film???

jawabannya akan saya jelaskan dalam beberapa poin2 di bawah ini.

1. di awal film, ditunjukkan tentang kesabaran dan kegigihan ibu dari Rizwan Khan u/ membuat anaknya yang menderita sindrom asperger mampu berbaur dengan masyarakat dan tetap memelihara kebaikan. jujur aja, aku paling cemen kalo dah disuguhi cerita tentang ibu dan anak (pengakuan yang sama sekali gak membanggakan).

2. cintanya Rizwan terhdap Mandira yang begitu kuat bikin dia mampu melakukan segalanya. termasuk bersusah payang menemui presiden u/ memenuhi permintaan emosional istrinya.

3. kepedulian Rizwan terhadap orang2 yang ada di sekitarnya. dalam film ini diceritakan, ketika Rizwan mencapai Wilhellmina dia bertemu dan ditampung oleh mama Jenny dan putranya. setelah Rizwan meninggalkan Willhelmina, dan mendapatkan kabar bahwa di dareha tersebut sedang diterjang badai, Rizwan kembali lagi ke Wilhelmina u/ membantu mama Jenny dan keluarganya.

4. kekuatan akting aktor dan aktrisnya sendiri.

sebenarnya inti dari film ini yang saya tangkap adalah;

1. di dunia ini manusia tidak dibedakan oleh agamanya, melainkan oleh perbuatannya. ada manusia jahat dan manusia baik. oleh karena itu dalam film ini pun dibenarkan pernikahan beda agama antara Islam dan Hindu. aku seh ngeliat kalo ini juga merupakan upaya Shahrukh Khan dan Istrinya (Gauri) u/ mengatakan kepada masyarakat tentang pernikahan mereka. secara, Shahrukh Khan itu Islam ketika menikahi Gauri. sedangkan gauri sendiri tercatat beragama Hindu samapai detik ini. dan juga, film ini diproduseri oleh Gauri sendiri.

2. tidak semua muslim itu teroris.

3. presiden yang dipilih o/ rakyat seharusnya lebih “merakyat”. maksudnya adalah, seharusnya rakyat memiliki kemudahan akses u/ bertemu langsung dengan presiden yang memimpinnya u/ menyampaikan uneg2 dan kegelisahannya.

yang bikin aku semakin suka dengan film ini adalah, meskipun sebagian besar pengambilan gambar dilakukan di Amerika, tapi budaya Indianya tetap terasa di sepanjang film. dan karena film ini digarap o/ sutradara, produser, dan mayoritas krunya orang india, tetap ada adegan nyanyi dan narinya. itu yang paling saya suka banget. film bollywood yang go internasional dengan tetap mempertahankan rasa bollywood.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Thomas
    Apr 18, 2010 @ 16:40:24

    film bagus, nggak rugi ngeluangin waktu buat nonton nih film

    salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: