Paman Gober dan Aku (Kenapa bisa dihubungkan???)

Nama: Scrooge McDuck

Paman Gober adalah nama pengusaha pertama yang aku kenal. Karakternya yang pantang menyerah, pelit, tekun, dan selalu waspada adalah yang bikin dia keliatan paling keren diantara pengusaha manapun di jagad raya ini (meskipun Paman Gober ini fiktif, aku tetap cinta mati sama dia).

Paman Gober atau nama aslinya Scrooge McDuck ini adalah salah satu tokoh kartun favoritku. Pertama kali aku kenalan sama si Paman Gober ini dulu, pas aku masih kecil banget (pastinya lupa, kaya’nya aku udah TK deh waktu itu. Apa belum ya…???). Waktu itu, aku baru bisa baca dan dibelikan album donal bebek untuk yang pertama kalinya (aku juga lupa yang beliin siapa, hehe). Paman Gober berhasil mencuri perhatianku lewat kisah permusuhannya dengan Gerombolan Siberat (Beagle Boys) waktu itu.

Selain Gerombolan Siberat, Paman Gober juga punya musuh besar lainnya yaitu Mimi Hitam (Magica de Spell) si penyihir yang gak pernah capek u/ nyuri keping keberuntungan si Paman, dan si Gover Bebek sesama pengusaha yang merupakan saingan berat si Paman yang sama liciknya dengan dia.

Aku gak ngerti kenapa dulu, aku yang masih bocah bisa tergila-gila sama karakter Paman Gober yang pelit, licik, dan suka sekali berpetualang mencari lahan minyak. Mungkin aja sejak kecilpun bakat matre ku udah mulai terasah, jadi pas ngeliat Paman Gober yang punya uang segudang itu aku langsung ngefans berat sama dia (hoho).

Paman Gober ini paling deket sama Donal bebek dan tiga ponakannya. Secara, setiap kali pergi berpetualang pasti mereka ini yang bakal menemani sang Paman. Dia ini suka banget maen ke rumah si Donal, entah untuk nagih utang, numpang makan siang, ato ngajakin Donal sekeluarga berpetualang ke antah berantah sebelah mana…

Selain Donal, tempat yang paling sering dikunjunginya adalah peternakan si Nenek Bebek. Kerjaannya ya sama aja, numpang makan. Apalagi, si Nenek Bebek ini hobi sekali masak dan masakannya enak. Mungkin juga karena seumuran dengan si Paman, makanya dia betah nongkrong di tempatnya Nenek Bebek.

Lang ling lung si ilmuwan miskin yang rajin bikin penemuan juga sering jadi andalannya setiap kali dia ada masalah dengan gudang uangnya. Selain karena dia pintar, Lang ling lung ini gampang dikibulin si Paman. Jadi, Paman Gober sering banget minta dibikinin penemuan dengan harga semiring-miringnya.

Meskipun seringkali digambarkan dia ini galak, pemarah, dan kejam. Paman Gober tetap masih mau ngasih pinjeman duit buat Donal Bebek, ponakannya. Atau itu karena dia licik juga ya…. Soalnya, kalo bukan u/ nagih utang ke Donal, dia harus pake alasan apalagi kalo mo maen dan numpang makan di rumah ponakannya itu…?

Selain digambarkan cukup dekat dengan anggota keluarganya, salah satu ciri khas Paman Gober dalam kisahnya adalah, dia ini gak percaya sama Bank. Makanya dia bikin gudang uang buat nampung semua keuntungan perusahaannya. Gudang uang ini, dia bikin sekokoh-kokohnya dengan penjagaan seketat-ketatnya. Gak cuman buat mengamankan uangnya aja, tapi di gudang uang ini juga ada keping keberuntungannya. Keping keberuntungan ini adalah koin pertama hasil kerjanya menggosok sepatu ketika dia kecil dulu. Dari koin pertamanya itulah, dia kemudian jatuh cinta dengan uang dan berambisi jadi orang kaya. Koin ini dijadikannya sebagai pemicu semangat u/ terus mengumpulkan koin-koin emas. Oleh karena itulah, koin ini sangat dijaga ketat supaya gak jatuh ke tangan si penyihir jahat Mimi Hitam. Di gudang uang ini jugalah dia bekerja mengawasi naik-turunnya keuntungan dari setiap peruasahaan yang dimilikinya. Di gudang uang ini, selain dengan karyawan-karyawannya, dia dibantu oleh sekretarisnya yang namanya Nona Ketik (Miss Quackfaster) dan James, pelayan yang setia mendampinginya meskipun digaji sangat murah, pembayarannya sering telat, bahkan jarang mendapatkan ijin libur (haha, betul-betul pelit).

Entah dulu aku suka dia gara-gara dia punya gudang uang yang menampung uang recehnya yang jumlahnya gak keitung, atau karena dia adalah sosok kakek-kakek lincah yang gesit, atau karena dia itu sosok pengusaha yang buatku komplit banget (meskipun dia licik, tapi dia selalu pake cara yang terhitung jujur dan bersih). Aku juga gak ngerti kenapa bisa sangat tergila-gila sama tokoh kartun ini.

Yang jelas, dari dulu sampai sekarang kecintaanku buat si Paman yang satu ini gak pernah luntur ataupun berkurang. Meskipun kadang-kadang dia agak terlupakan sebentar atau tergantikan dengan tokoh-tokoh lain.

2 Komentar (+add yours?)

  1. Huang
    Apr 19, 2010 @ 23:14:10

    Dari dulu saya kepikiran, ada kah orang yang seperti Paman Gober? Senang berenang di kolam uangnya.. dan tentu itu ada ya tapi belum di publish saja sapa orangnya itu. Hhehehehe

    Balas

    • Ira Raddin Ahmad
      Apr 19, 2010 @ 23:24:48

      aku juga bertanya2 ky gitu, kalo kamu ketemu, kasih tau aku ya…. aku mo liat gudang uangnya dan sapa tau dia punya musuh yang sama juga. gerombolan siberat dan mimi hitam. hoho….. ^__^

      Balas

Tinggalkan Balasan

