My Cooking Experience

Sebenernya, ngomongin pengalaman masak memasak ini sangat riskan dan berpotensi membuka aib terbesar dalam hidupku. Semua orang di rumahku pasti sangat setuju kalo aku gak punya sense of cooking yang berarti, apapun yang aku campur kan untuk dimasak, pasti hasilnya gak akan enak.

Hasil dari percobaan pertamaku dengan masak memasak adalah Nasi Goreng dengan mengandalkan bumbu siap saji (lupa merknya apa). Rasanya? Hmm, jangan ditanya. Gak enak!!! Padahal udah pake bumbu instan, tapi tetep aja rasanya aneh. Meskipun rasanya gak bisa diandalkan, sampai sekarang aku tetep nekat bikin nasi goreng ala kadarnya kalo di rumah lagi kelaparan dan waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam (kalo dikonsumsi sendiri kan gak akan mengancam nyawa siapapun). Biasanya aku bikin nasi goreng dengan bumbu-bumbu seadanya di dapur (bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe merah, merica, garam, terasi, dan kecap).

Setelah nasi goreng, aku sempat penasaran banget bikin spaghetti. Pengalamanku dengan spaghetti lebih menyenangkan daripada dengan nasi goreng. Paling enggak, adek-adekku masih mau melirik dan makan spaghetti bikinanku. Saus spaghetti ku agak beda dengan saus yang lainnya. Aku tergila-gila dengan tumisan, makanya pas bikin saus spaghetti aku selalu menumis sausnya yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica. Gak peduli apakah itu saus tomat (sambal) ataupun saus instan bolognaise, aku pasti menumis saus-saus itu. Aku paling suka bau tumisan yang sudah bercampur bawang putih.

Aku juga pernah masak sop sayur. Tapi, biasanya bareng sama adekku. Dan biasanya aku cuma motong-motongin sayurannya aja. Trus, kapan hari pas aku di rumah, aku sempat bikin macaroni and cheese yang resepnya aku contek dari majalah. Hasilnya, GAGAL TOTAL!!! Penampakannya sangat jauh berbeda dengan foto yang ada di majalah itu (hmm, bisa gak aku nuntut majalah itu???). Sang macaroni gak dilirik sama sekali sama adek-adekku yang tak punya cita rasa itu (haha, memang enak nyalah2in orang).

Meskipun pengalamanku di dapur seringkali berujung pada bencana (kebanyakan hasil masakanku gak dilirik sama sekali oleh orang rumah, huh!!!), aku tetap pengen bisa masak. Semuanya, gara-gara aku sering nonton programnya chef Bara di Trans tv, trus juga si Rachael Ray di Metro tv. Dua orang ini punya kesamaan dalam memasak yang bikin aku termotivasi untuk bisa menaklukkan dapur. Kesamaan keduanya adalah, mereka ini simpel dan memasaknya pun cepat. Seringkali dengan entengnya di setiap show-nya, mereka bilang bahwa kita bisa menggantikan bahan yang mereka pakai dengan bahan pengganti lainnya yang kita lebih suka dan juga mudah didapatkan (simpel dan dinamis, meskipun kadang bahan masakannya banyak).

Aku gak berharap untuk menyaingi atau menyamai keahlian masak-memasak dari kedua orang itu. Butuh seratus tahun lagi buatku bisa nyamain mereka (hehe). Bisa bikin makanan enak yang aman dikonsumsi oleh segala usia dan digemari orang aja, aku udah seneng banget.

Buat yang mau berbagi resep masakan yang sederhana, ayo-ayo aku akan terima dengan senaaaaang hati (memohon).

4 Komentar (+add yours?)

  1. ani hebat!!!
    Jun 02, 2010 @ 01:26:33

    ergggggg sejak kpn km bisa masak n rasanya yahud???
    hedewwwww

    Balas

  2. ani hebat!!!
    Jun 02, 2010 @ 01:29:45

    skalian kl abis masak d foto biar sluruh dunia tau hasil masakanmu yg sdiiiikiiiiittt gmn gitu,,,

    Balas

  3. sevy
    Jul 20, 2011 @ 03:19:53

    Haii,ira.. Lg iseng aja searching chef Ray do google. Terus ada link blog km. Hahaha.. Ngakak aku bacanya..
    Sumpah kocak. Aku juga masak🙂 alhamdullilah.. Tapi sering berhasil. dan temen temen aku addict sama masakan aku. Emm.. Kok jd curhat gini. Maaf😦 aku pengen share resep juga. Tapi bingung mau share apa.. Klo suatu saat nanti baca komen ini bs share ya resep kok🙂 thanks udah boleh mampir. Salam kenal

    Balas

    • Ira Ahmad
      Jul 22, 2011 @ 11:37:16

      alhamdulillah, bisa bikin orang ketawa🙂
      mau dong… dibagi resep2nya. kalo gak ngerepotin, boleh dikirim ke email. makasih ya, udah mampir, baca, dan nulis komen.😀

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: