Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh Dengan Diet Tepat.

Ada begitu banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat modern untuk menjaga kesehatan . satunya, menjaga pola makan dengan menerapkan metode diet tertentu.

Diet adalah upaya masyarakat modern untuk menyeimbangkan metabolisme tubuhnya dengan aktifitas harian yang menyita pikiran dan tenaga. Metode diet berkembang sangat pesat dalam lima tahun terakhir ini. Perkembangan metode diet ini seiring dengan berkembangnya gaya hidup masyarakat modern yang memiliki banyak aktifitas dan pola makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas tubuhnya.

Jika pada awalnya diet hanya bertujuan menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang dirasa ideal, maka saat ini diet lebih merupakan gaya hidup orang – perorang maupun komunitas tertentu.

Berikut adalah lima metode diet yang cukup populer saat ini adalah :

1. OCD
Metode diet ini dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier yang menitik beratkan pada jendela makan. Tubuh kita diberikan jendela makan selama 8, 6, dan 4 jam sesuai kemampuan tubuh. Sisanya, tubuh diajak untuk membakar lemak dengan berpuasa. Pada masa jendela makan, kita diperbolehkan untuk makan apa saja sementara selama berpuasa, kita didianjurkan untuk hanya minum air putih dan minuman lain bebas kalori.

2. Mayo Diet
Metode diet mayo menitik beratkan penganutnya untuk menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, bercita rasa asin, dan mengurangi konsumsi nasi putih.

3. Mediteranian Diet
Metode ini menekankan untuk mengkonsumsi makanan mentah tanpa melalui proses pengolahan yang lama. Makanan mentah dipercaya memiliki kandungan gizi dan serat yang lebih besar jika dibandingkan dengan makanan yang telah melalui proses pengolahan. Makanan yang dianjurkan adalah buah – buahan dan sayuran segar, minyak zaitun, ikan, dan mengkonsumsi red wine sesekali dalam sebulan.

4. The Zone Diet
The Zone Diet adalah metode diet yang mengatur prosentase asupan makanan dengan rincian : 40 % karbohidrat, 30 % protein nabati, dan 30 % lemak nabati. Selain itu, metode ini menganjurkan untuk makan 5x dalam sehari untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh. Wajib juga melakukan olahraga selama 30 menit 6 hari dalam seminggu.

5. Atkins Diet
Atkins diet ditujukan untuk mengendalikan tingkat kadar gula darah dalam tubuh. Pola makan yang dianjurkan adalah mengkonsumsi protein rendah lemak, sayuran, dan juga menghindari karbohidrat.

Beda individu, bisa berbeda metode diet yang diterapkan. Memilih metode diet harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh dan dilakukan secara konsisten. Karena diet merupakan pola hidup untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, bukan sekedar jalan pintas untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: